Guru Urip dari Kalteng

urip.wordpress.com

Blog ini diberi nama Helgeduelbek, yang bersemboyan “Guru kimia bicara tentang pendidikan, pengajaran, ihwal guru, komputer dan perblogan”. Isi blog ini kaya bidang seperti bisa dibaca dari semboyannya. Silakan para guru mengunjungi blog ini. Dijamin beruntung dan bertambah ilmu.

Blog ini dikelola oleh pak guru Urip, seorang laki-laki kelahiran Mojokerto pada 25 Juni 1972. Latar belakang pendidikannya; Program Studi Pendidikan Kimia di Universitas Palangkaraya, dan sempat juga belajar di PPS Universitas Negeri Yogyakarta (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan). Tak jelas dia mengajar di sekolah apa, tapi dia berdomisili di Kalimantan tengah dan mengajar mata pelajaran kimia.

Blog ini dilengkapi menu “advance” seperti Tulisan Terbaru, Komentar, Kategori (berpilihan tersembunyi), Arsip, Data Hits, Links bertuliskan Blog Guru, Diskusi, Links situs kimia, Links pendidikan, Links Variasi, Artikel Pembelajaran Diri (bonus), Tulisan di Panduan WordPress. Menu kategorinya antara lain — yang berkait dengan pendidikan — Pendidikan (93 tulisan), Belajar (60 tulisan), Mengajar (35 tulisan), Pelajaran Kimia (12 tulisan), Pengajaran Kimia (22 tulisan), dan Pengajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Untuk blog yang sudah berisi ratusan tulisan seperti ini sebaiknya diberi peta isi yang komprehensif, sehingga pengunjung bisa memperoleh kebutuhan informasinya secara efisien. Untuk kepentingan memajukan pendidikan, blog ini sangat memberikan kontribusi untuk itu. Pak guru Urip memang serius betul mengembangkan blog ini, sampai-sampai dia mempelopori pembentukan Jaringan Blog Guru – hal yang mestinya dilakukan portal Departemen Pendidikan Nasional.

Blog yang dibuat pada Agustus 2006 ini hingga 22 Oktober 2007 telah diklik 750.479 orang. Kritik untuk blog ini, bahwa pengelolanya (pak guru Urip, ah mengapa namanya tak disebutkan lengkap dan kok memakai nama blog Helgeduelbek ya?) belum memperhatikan aspek kenyamanan — khususnya menyangkut pemilihan tipografi dan warna, dan aspek efisiensi keterbacaan. *

Iklan

1 comment so far

  1. helgeduelbek on

    Terimakasih atas resensinya…bagus juga. Kaget juga kok ada yang membuat taut masuk dengan judul atas nama saya. Mengenai blog saya memang akhir2 ini agak terbengkalai, tidak lagi bisa rutin meng-update, mudahan tetap bisa memberi sedikit hal bermanfaat buat rekan sejawat yang bergelut di bidang penajaran pada umumnya.
    Kedepan saya yakin blog ini akan tumbuh jauh lebh baik untuk memberikan pemelajaran bagi kita kebanyakan guru.

    Tanggapan:
    Terima kasih kembali pak guru Urip. Terima kasih atas kunjungan balik pak guru. Semoga para guru mengikuti jejak pak guru Urip — membuat blog untuk pendidikan.

    Kelik M. Nugroho


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: